Tuesday, November 25, 2008

Buat yang mau kerja di Qatar Telecom - Qtel

1

Memenuhi keingin-tahuan teman-teman tentang apa saja yang didapat dari kontrak kerja di Qatar Telecom, mungkin beberapa informasi dibawah ini bisa membantu dan menenangkan hati atau membuat sedikit tersenyum, serta komponen apa saja yang perlu diperhatikan:

1. Gaji pokok - basic salary, umumnya tawaran pertama kita ditawar di level gaji paling bawah dari job grade, tapi kita harus nawar naik 20-30% dari yg ditawarkan.

2. Market adjusment - ini untuk cover inflasi yang terjadi, besarnya x persen (ada yg 25% ada yg 30%)  dari gaji pokok

3.Transport allowance - cukup jelas untuk transport kita, besarnya tergantung grade

4. Housing allowance - untuk nyewa rumah

5. Supplementary allowance - untuk bayar listrik, air dan kebutuhan hari-hari lainnya

Jumlah yang ditawarkan sebagai tawaran kita  adalah jumlah dari nomer 1 sampai 5, dan semua itu gaji BERSIH, tidak ada potongan apa-apa untuk agen atau lainnya yang nggak penting.

Keuntungan lain lagi adalah (tergantung job grade besarannya)

1. Kirim barang dengan gratis dari tempat kita tinggal ke Doha, bisa dengan kontainer atau diberi jatah seian ratus kilo

2. Bantuan biaya sekolah, kurang lebih 10 ribu sampai 20 ribu Qatar rial per anak per tahun. Biaya ini termasuk uang sekolah, buku, tes masuk, administrasi, uaang buku, seragam sekolah anak. Bila anak kita sekolah di negara lain, ini tetap menjadi hak karyawan alias bisa di reimburse. Yang bisa ditanggung perusahaan maksimum 3 orang anak sampai dengan umur 18 tahun

3. Uang furniture, bila lulus masa probation, jumlahnya bervariasi tergantung job grade dan uang tersebut akan dihapus bila kita kerja sampai dengan 4 tahun, bila kita keluar sebelum 4 tahun akan diproratakan.

4. Uang lulus probation, sejumlah uang sebesar harga tiket pulang pergi ke negara asal, kurang lebih sebanyak 6-7 ribu Qatar rial

5. Car loan, maksimum 5 kali gaji pokok, tanpa bunga, dikembalikan selama 4 tahun, alias potong gaji tiap bulan.

6. Bisa ikutan Qtel sport club, bayar 35 Qatar rial tiap bulan, bisa menikmati fasilitas Gym, bulutangkis, tenis meja, futsal, bilyar.

7. Bantuan untuk ikutan professional club, jumlahnya juga tergantung job grade

8. Bonus tahunan, konon paling sedikit itu 3x gaji pokok dan maksimum 8x gaji pokok, hmm keren kan

9. Uang tiket mudik tiap tahun sekeluarga, walaupun keluarganya tidak serumah, jatah tetap diberikan. Misalnya anak kita di Jakarta, tapi orang tua kerja di Qatar, uang tiket tahunannya tetap diberikan.

10. Asuransi kesehatan, hanya bayar admin saja untuk pelayanan kesehatan

11. Kenaikan gaji tiap tahun dijamin perusahaan

12. Uang jasa, bila kita berhenti dari Qtel maka akan diberikan uang jasa kita sebanyak masa kerja dikalikan gaji pokok terakhir.

13. Tentu saja bila kita berhenti bekerja, tiket dan kontainer tetap diberikan untuk membawa kita dan barang-barang pulang.

14. Jatah cuti adalah 30 hari kerja setahun, 1 minggu libur Idul Fitri, 1 minggu libur Idul Adha, dan 1 hari libur nasional.

15. Kartu diskon Almasa, semua karyawan mendapat kartu diskon ini untuk belanja di merchant yang telah bekerja sama dan lumayan diskonnya.

Dan patut diingat bahwa mereka sangat selektif memilih calon pekerja dan sulit untuk menambah tenaga baru, sehingga bila kita sudah sampai dipanggil wawancara ke kantor pusat di Doha, kemungkinan besar anda akan diterima, (jual mahal dikit dong) bila gaji yang ditawarkan cocok seperti yang diharapkan, dan mereka akan mulai dari tawaran yang paling kecil (tentu saja). 

Juga dievaluasi, jauh-jauh ke negeri seberang mau cari apa? apa motivasi kita? ini harus dicocokkan, pandai-pandailah mencari titik tengahnya.

Menurut saya, perusahaan ini pemberi kerja yang sangat baik, mari bergabung!

Author Image
Aboutjsriyono

Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

1 comment:

ihsan said...

siang mas... disini masih siang sich :p

salam kenal dari surabaya.

lagi nyari info bwt kerja disana gimana caranya ya... via agent kah ?

mohon pencerahan.

matur nuwun.