Sunday, February 05, 2012

Asiacell: lahan baru di utara Irak alias republik Kurdistan

Teman-teman sesama pejuang devisa bertanya, apa saja fasilitas dan kompensasi yang ditawarkan oleh Asiacell, sebuah perusahaan telekomunikasi berbasis GSM 2G di sebuah negara yang dulunya termasuk dalam teritori Irak, tetapi orang-orang Kurdistan mendapatkan otonomi khusus dan mereka membentuk Republik Kurdistan.

Proses interview-nya, seperti biasa, saya mengirimkan lamaran CV lewat teman dan juga pasang alert di career website para operator.

Bila ada lowongan dan cocok dengan profile CV kita maka bila kita dipanggil tahapannya:
  • Phone interview dengan HRD
  • Phone interview dengan usernya, kebetulan kasus saya dengan Direktur Marketing
bila lolos maka kita akan diundang untuk face to face interview di kota Sulaimaniyah atau disebut juga Slemani.

Untuk berangkat ke Sulaimaniyah (kantor pusat Asiacell), kita hanya mengirimkan scan passport kita saja, maka HRD Asiacell akan mengurus visa kita dan juga tiket PP.

Perjalanan ke Sulaimaninyah ditempuh lewat Jakarta ke Dubai, sampai jam 5.30 pagi waktu Dubai, lalu bisa kita lanjutkan tidur di hotel di airport atau mau keluar ke kota Dubai untuk tidur sejenak dan jalan-jalan.

Gunakan visa on arrival yang bisa di dapatkan di counter Emirates- Arabian tour, untuk visanya bayar USD 100 dan hotel USD 52.

Jangan lupa semua uang taksi, visa, airport tax, makan disimpan dan sewaktu sampai di Sulaimaniyah, serahkan ke HRD, biasanya Kak Akam yang akan membantu mengurus penggantian dalam mata uang USD.

Dari Dubai ke Sulaimaniyah, naik pesawat Fly Dubai, terbang jam 18.30 dan tiba di Sulaimaniyah jam 21.30 waktu setempat (Dubai dan Suly beda waktu 1 jam).

Sampai di airport Sulaimaniyah, karena pendatang baru, kita menunggu di kursi kanan (bukan antrian passport) dan memberikan visa copy-an yg dikirim Asiacell dan passport kita, dan menunggu urutan dipanggil.

Penjemput dari Asiacell sudah menunggu di luar atau bila belum, bisa ngobrol sama penjaga counter Asiacell yang ada di pintu keluar untuk minta tolong ditelepon petugas penjemput kita (pastikan koordinasi dengan penjemput, minta nama dan nomor teleponnya).

Kita biasanya dibawa ke hotel Kirkuk, persis disebelah kantor Asiacell, dan segalanya ditanggung disini, jadi pastikan makan dan tidur yang cukup untuk interview dengan user esok harinya.

Nah, jangan lupa siapkan berapa gaji netto yang kita minta, karena kita akan langsung ditanya dengan HRD.

Kompensasi dan fasilitas yang ditawarkan adalah sbb:

•  status pegawai: kontrak, tiap 1 tahun diperpanjang
  •  apartment dan segala isinya disediakan (ada tempat tidur, bantal, selimut, mesin cuci, peralatan dapur, dish-washer, setrika, TV LCD, ADSL, wimax, gas, tempat sampah, meja makan, karpet, lampu kalau putus) atau kalau mau cari sendiri dikasih cash nya USD 1000/bulan
  • antar-jemput PP kantor, kalau telat ya naik taksi saja dari depan apartement
  • mintakan gaji adalah nett.
  • uang makan dan transport: USD 500/bulan
  • asuransi kesehatan, modelnya reimburse USD 1000/tahun
  • bonus: 3x basic salary, dibayarkan diakhir tiap masa kontrak
  • tiket liburan ke republik: 3x per tahun, 1x tiket PP untuk keluarga(setelah lewat probation), bila tiket tidak dipakai, maka diakhir kontrak, akan dibayarkan dalam bentuk cash USD
  • jatah cuti tahunan: 40 hari kalender, bisa diambil setelah lewat masa percobaan
  • masa percobaan/probation: 3 bulan
  • hari libur nasional: kurang lebih ada 20-an hari dalam setahun
  • hari kerja: minggu sampai kamis
  • jam kerja: jam 08:00 sampai 05:00
  • kenaikan gaji tahunan: tergantung performa kerja kita
  • naik grade/level: sangat dimungkinkan
  • phone allowance: USD 250/bulan - nggak abis-abis euy
  • Blackberry and BES: disediakan
  • Lap-top dan desk phone: disediakan
  • Cash advance: tiap bulan sebelum tanggal 15
  • Notice period: 1 month notice
Situasi keamanan: sangat aman 1x 24 jam, teman-teman nggak akan percaya bila di Sulaimaniyah itu lebih aman dari misalnya penembakan di Tembagapura, insha Allah.

Author Image
Aboutjsriyono

Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design