Sunday, July 30, 2006

hal-hal yang harus diperhatikan (sebelum mancing)

0
mengingat-ingat pesan seorang guru mancing, sebelum macing di laut:
1. Pilihlah tukang perahu yang memang biasa mancing, bukan hanya seorang transporter.
biasanya, banyak juga tukang perahu yang hanya mengantar dan menjemput orang yg mau mancing, bukan yang betul2 hidup sebagai nelayan, artinya tahu tempat yang baik mencari ikan/hot-spot mancing.
2. Persiapan umpan, bila membawa umpan hidup, jangan lupa siapkan kotak air dengan aerator atau bila umpan mati, bawalah es batu. Es batu nya boleh di hancurkan atau masih berupa bongkahan, di letakkan sebagai alas dalam kotak pendingin/cool box, lalu di atas ed batu di letakkan karung atau kaos, lalu umpan ikan teri, udang, cumi atau rebon. Agar umpan2 tersebut tetap segar, di keluarkan dari tas plastik, lalu di campur dengan garam laut dan disebarkan diatas es batu yang sudah diberi alas karung goni/handuk/kaos. Usahan jangan sampai umpan tsb terndam air, jadi airnya harus segera dikeluarkan dari cool-box bila sudah mulai banyak.
3. Pada waktu melihat memilih perahu, perhatikan juga jangkar yang dimiliki si tukang perahu. Tujuannya adalah agar sewaktu kita sudah melempar jangkar di hot spot, perahu tidak bergeser ke tempat lain (laret) sehingga mengganggu acara mancing anda.
4. Perhatikan kelengkapan perahu, apakah ada kompor/dapur, petromax/lampu, GPS, fishfinder/echo sounder, toilet, tempat tidur, radio, tempat untuk popping(dek kapal yg dapat diinjak)
5. Kondisi tukang perahu, biasanya kalau lagi ramai, si perahu banyak dipakai pelanggan, sehingga sewaktu kita sewa hari itu, si tukang perahu sudah lelah, sehingga tidak bisa membawa kita ke tempat2 yang baik untuk mancing. Bila memang si tukang perahu sudah letih karena bekerja sebelumnya, bisa kita atasi misalnya si tukang perahu agar tidur, sewaktu kita mancing, dsb.
6. Pandailah berkomunikasi dengan tukang kapal/ABK, ABK juga manusia....maksudnya kadang2 kita temui ABK yg tidak bisa berkomunikasi dengan baik, sudah terlalu letih, atau minta pulang karena sudah sore, sementara kita sedang menikmati tarikan ikan kuwe :)
7. Peralatan dasar seperti obat anti mabuk, kaca mata, sun block, baju ganti, kaos kaki, jaket anti air, topi, radio, senter, peralatan P3K, makanan kecil, beras dan teman2 nya...
8. Tujuan nya kan mau mancing, tapi jangan khawatir, bukan hanya ikan kan tujuannya, tapi proses dari persiapan sampai kita berhasil menaklukkan diri kita dalam "menaklukkan" si ikan, strategi membuat ikatan, umpan yang di pakai dan bagaimana potongan umpan, di kedalaman berapa kita mancing, setelah di makan ikan, bagaimana kita agar tenang, sabar tidak panik dan terbur-buru.


hmm..semoga berguna dan happy fishing

Author Image
Aboutjsriyono

Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments: