Saturday, January 19, 2008

Perpanjang SIM A di POLANTAS JAK-TIM tanpa CALO!

1
Hari ini menyempatkan diri ke kantor POLANTAS wilayah Jakarta Timur, kebon nanas.
Datang pagi jam 08:30, suasana sudah cukup ramai, masuk di pintu penguturusan SIM, seorang petugas dengan safari langsung menanyakan tujuan saya, dan bagusnya petugas tersebut langsung menyarankan untuk membuat foto kopi KTP sebanyak 2 lembar, yang biaya per lembarnya Rp 500. Untuk detailnya adalah sbb:
1. Ke loket Kesehatan untuk melakukan tes buta warna, ongkos Rp 15,000 + 1 kopian KTP, waktu proses dari menunggu antrian sampai selesai - 10 menit
2. Selanjutnya ke loket Asuransi untuk 5 tahun, biaya Rp 15,000, total waktu proses 5 menit.
3. Mengisi formulir di loket 1 dan biaya + 1 kopi KTP, biaya Rp 60,000, waktu proses cek kelengakapan data, 5 menit
4. Serahkan formulir di loket 2, periksa kelengkapan surat KTP dan SIM, waktu proses 5 menit, setelah itu ke loket 3 untuk foto.
5. Loket foto, serahkan resi untuk foto, kurang dari 5 menit, scanned sidik jari dan foto
6. Loket 4, mengambil SIM yang diperharui, waktu tunggu 5 menit!
Sang ibu di loket 4 sempat menanyakan masukan saya tentang pelayanan SIM..jawaban saya: SEMPURNA! dibanding 5 tahun yg lalu, cepat, nyaman, bersih, jelas urusannya

Biaya:
1. Kesehatan Ro 15,000
2. Asuransi Rp 15,000
3. Formulir dan proses Rp 60,000
4. Foto kopi KTP 2 lembar Rp 1,000
Total biaya: RP 91,000,

waktu tempuh: nyaris 35 menit! untuk kurang lebih 100an orang yang mengurus SIM pagi itu
Selamat buat bapak2 dan ibu polisi lalu lintas di Jakarta Timur!

Masukan saya:
Mungkin biayanya bisa disesuaikan untuk meningkatkan pelayanan seperti:
- kualitas bahan SIM dan tinta
- kesejeahteraan anggota, daripada nyari pendapatan yang haram
Author Image
Aboutjsriyono

Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

1 comment:

Admin TQ said...

Dalam waktu yg mirip (sekitar Januari 2008), saya mendapatkan pengalaman yg bertolak belakang di kepolisian Cibinong, seperti yg saya ceritakan di blog saya:
http://asyarif.blogspot.com/2008/01/pak-polisi-bagaimana-alur-pengurusan.html